Iklan

Pengertian WWW


Pengertian WWW
WWW ( World Wide Web) adalah kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung satu sama lain dalam jaringan internet. Informasi dalam Web mempunyai link yang menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lain dalam jaringan internet. Link ini berupa tanda khusus yang biasanya dinyatakan dengan teks berwarna biru dan bertanda garis bawah atau dalam bentuk icon maupun gambar yang dikelilingi kotak.

Untuk mengetahui apakah suatu teks atau obyek merupakan suatu link, lihatlah perubahan pada petunjuk mouse. Jika petunjuk mouse berubah dari bentuk tanda panah menjadi gambar tangan yang sedang menunjuk, berarti teks atau obyek tersebut merupakan suatu link yang menghubungkan anda ke informasi lain dalam WWW.



Sistem yang dapat menghubungkan informasi melalui link disebut Hypertext. Dengan semakin berkembangnya WWW, istilah Hypertext kemudian berubah menjadi Hypermedia, di mana link penghubung antar informasi bukan lagi berupa suatu text, tetapi bisa berupa suatu file multimedia, seperti gambar, suara atau video.

Bekerja dengan Web mencakup bekerja dengan software Web Browser dan software Web Server. Keduanya bekerja seperti sistem client server dengan tugas sebagai berikut :
a.       Web Browser sebagai client untuk menginterpretasikan dan melihat informasi Web.
b.      Web Server sebagai server untuk menerima informasi yang diminta oleh browser. Untuk mengakses Web, Anda memerlukan suatu progran yang disebut Web Browser.
Browser
Browser adalah suatu program yang dirancang untuk mengambil informasi dari suatu server komputer pada jaringan internet. Informasi ini dikemas dalam page yang masing-masing memiliki beberapa link yang menghubungkan Web Page ke sumber informasi lain. Jika suatu link diklik, browser akan melihat alamat dari tujuan link tersebut, kemudian mencari di Web Server. Jika menemukan alamat dari tujuan link, browser akan menampilkan informasi yang ada. Jika tak menemukan alamat dari tujuan link, browser akan memberikan suatu pesan yang menyatakan bahwa alamat dari tujuan link tidak dapat ditemukan.

Ketika belum banyak komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, browser dibuat dengan berbasiskan teks, sedangkan untuk menyatakan link dapat dibuat barisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Software ini dibuat untuk komputer yang menggunakan Unix. Setelah itu muncul browser Mosaic dari NCSA ( National Center Supercomputing Applications) yang berbasiskan grafik dan mudah digunakan. Browser ini dipakai untuk komputer UNIX, NeXT, Windows, dan Macintosh.

Sekitar tahun 1994, munculah Netscape versi pertama menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web Browser. Sampai saat ini Netscape masih merupakan browser yang paling banyak digunakan untuk melakukan navigasi di Web. Kemudian salah satu perguruan tinggi terkenal di Amerika Serikat, yaitu MIT, membangun standar bagi teknologi Web yang disebut World Wide Web Consortium (W3C). Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh Microsoft adalah Internet Explorer 3.0 yang mendukung HTML 3.2

Pengertian HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP merupakan protokol yang menentukan Web Browser dalam meminta maupun mengambil suatu dokumen, dan menentukan Web server dalam menyediakan dokumen yang diminta oleh Web Browser. Ini adalah protokol standar yang dipakai untuk mengakses dokumen HTML. HTTP digunakan untuk menjelajahi Web yang berhubungan dengan banyak protokol lain.
URL (Uniform Resource Locator)
URL adalah suatu alamat yang dipakai untuk menentukan lokasi informasi pada Web server, karena alamat ini mengambil informasi yang diminta oleh browser. Format umum dari suatu URL adalah : protokol_transfer://nama_host/path/nama_file   
Yaitu berisi : Protokol yang digunakan, nama server dari komputer yang dicari, jalur dari informasi yang dicari, nama file dari informasi yang dicari.

HTML (Hypertext Markup Language)
HTML yang akan dibahas meliputi beberapa tahap, yaitu level HTML, HTML Extension dan program Editor HTML. HTML adalah format data yang dipakai untuk membuat dokumen Hypertext. Dokumen HTML disebut Mark Language, karena berisi tanda tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan pada suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen. Pada sistem Hypertext pada dokumen HTML, Anda tidak harus membaca dokumen secara urut dari atas ke bawah, melainkan cukup menuju pada topik tertentu secara langsung dalam dokumen. Ini dikarenakan dokumen tersebut menggunakan teks penghubung ke suatu topik atau dokumen lain secara langsung.
Sejak perkembangannya sampai sekarang ini telah tersedia bermacam-macam level HTML, antara lain HTML 1.0 ; HTML 2.0 : HTML 3.0 ; HTML 3.2 ; dan HTML Extension.

Program Editor HTML
Untuk membuat dokumen HTML, sebaiknya anda menggunakan program editor teks seperti Notepad, Sidekick, dan WS dalam format Non Document untuk aplikasi DOS. Program WYSIWYG, seperti Microsoft Word dan Word Perfect for Win, tidak dapat dipakai untuk membuat dokumen HTML, karena program ini dianggap sebagai dokumen biasa dan tidak dapat diterjemahkan oleh Browser. Program tambahan yang dipakai untuk menyunting HTML adalah Word Internet Assistant dan WordPerfect Internet Publisher.
Selain program editor teks, Anda bisa menggunakan program editor khusus untuk membuat HTML, antara lain program editor HTML berbasis teks dan WYSIWYG yang tidak memerlukan browser lagi.

Bagaimana Cara Kerja WWW
1.   Informasi Web disimpan dalam dokumen yang disebut dengan halaman-halaman web ( web pages)
2.  Web page adalah file-file yang disimpan dalam komputer yang disebut dengan server-server web (web server)
3.   Komputer-komputer membaca web page disebut sebagai web client.
4. Web Client menampilkan page dengan menggunakan program yang disebut dengan browser web ( web browser ).

SSemoga artikel tersebut bisa menjadi pembuka label Pemograman dalam postingan-postingan saya berikutnya yang lebih ke interiornya belajar script hehe :D

   Keyword : Pengertian WWW







7 Responses to "Pengertian WWW"

  1. Ohh iya , bdanya http sama https apa gan ?

    ReplyDelete
  2. dari dulu pake www baru tau sekarang, singkatannya aja baru tau

    ReplyDelete
  3. di kelas 12 pernah di bahas.. thx infonya

    ReplyDelete
  4. jadi gtu ya gan..
    dari dulu internetan baru tau skarang
    nice info gan

    ReplyDelete
  5. Wahhh makasih ya gan Informasinyaa,ane cuman tahu dari arti WWW doang,tapiii tahunya gak sebanyak seperti ini xD

    ReplyDelete
  6. selama ane hidup baru tahu kalau WWW singkatan dari World Wide Web. :D

    ReplyDelete
  7. Walaupun ane seorang Web Creator tapi belum tau apa kepanjangan WWW :v makasih gan dah ngasih tau :v

    ReplyDelete